Logitech Z120

logitech z120

 

Logitech, para pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini. Logitech sudah lama dikenal lewat produk-produk aksesori komputernya, seperti mouse, keyboard, headset & speaker. Umumnya, produk-produk aksesori komputer memiliki kualitas suara yang biasa-biasa saja untuk produk audionya. Namun tidak untuk speaker portable 2.0 tipe Z120 ini.

Sepintas terlihat speaker Logitech Z120 memiliki penampilan yang biasa-biasa saja, dengan casing yang terbuat dari bahan plastik berwarna putih. Speaker ini mendapat tenaga dari power USB & terdapat tombol di speaker kanan untuk menghidupkan & mengatur volumenya sekaligus.

Awalnya, sempat terbersit keraguan apakah Logitech Z120 mampu menghadirkan kualitas suara seperti yang diharapkan, mengingat brand ini tidak fokus di pengembangan sektor audionya. Namun keraguan itu terjawab sudah ketika speaker dinyalakan & dipasang pada discman Aiwa. Kualitas suara yang dihasilkan… hmm ternyata cukup memukau & di atas rata-rata speaker portable 2.0 dengan rentang harga yang sama.

Berbeda dengan umumnya speaker portable 2.0, Logitech Z120 mampu menghadirkan kualitas suara yang cukup jernih & jauh dari distorsi sektor bass. Suara vokal terdengar jernih & tidak pecah di nada-nada tinggi, artikulasi suara dari sang penyanyi juga cukup jelas. Sementara separasi (pemisahan suara) antara instrument alat musik satu dengan yang lain cukup terasa & tidak saling menumpuk. Sektor treble pun masih terdengar renyah & tidak tumpul.

Karena Logitech Z120 merupakan speaker 2.0, maka sektor bass yang lebih menonjol adalah midbass (frekuensi bass yang lebih tinggi daripada lowbass). Hal ini bisa dimaklumi karena tidak adanya subwoofer yang biasanya menghasilkan lowbass (frekuensi bass yang lebih rendah daripada midbass). Meskipun demikian, midbass pada speaker ini masih terkontrol & tidak sampai mengakibatkan sektor vokal & suara instrument tenggelam.

Secara keseluruhan, Logitech Z120 bisa dikatakan memiliki karakter balance & cocok untuk hampir semua genre musik. Sesuai dengan ukurannya yang portable & tidak memiliki subwoofer, speaker ini akan lebih optimal apabila digunakan pada ruangan-ruangan kecil seperti kamar, apalagi tenaga Logitech Z120 tidak sebesar speaker 2.1. Karena kondisinya itulah, genre-genre seperti jazz, pop, blues, rock/metal, jpop/jrock, akustik, orkestra masih bisa direpresentasikan dengan baik. Sementara untuk genre RnB, hiphop, kpop, dubstep, trance yang lebih mengedepankan lowbass tidak bisa berharap terlalu banyak.

Harganya yang tidak sampai 150 ribu, tak diragukan lagi menjadikan Logitech Z120 sebagai salah satu speaker portable 2.0 yang memiliki nilai best price to performance atau kualitas melebihi harganya & sangat layak dimiliki oleh para pemula hobyist audio maupun para pecinta audio yang ingin memanjakan telinganya dengan speaker portable nan murah meriah berkualitas.

Kiranya cukup sekian ulasan kali ini tentang speaker portable 2.0 Logitech Z120, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan bagi para pemula hobyist audio maupun para pecinta audio. Lakukanlah audisi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan apabila waktu & tempatnya memungkinkan agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. πŸ™‚

10 thoughts on “Logitech Z120

  1. oke gan.. ane memantapkan hati untuk membli ini speaker,,
    makasih agan ya masukanya,,
    sangat membantu….

  2. gan kalo dibandingin dari segi performa ama pendahulunya, logitech z100, masih dekat ato beda ya? trims sbelumnya

    • utk logitech z100 blm nyobain gan, tp yg jls klo z120 ada volume controlnyah… πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website